Jumat, 09 Mei 2014

Cara Berhitung dengan Ular Tangga

Ayah Bunda.
Kita pernah dong main ular tangga ketika kecil. Atau bahkan sampai sekarang kita juga ikut nemenin anak kita main mainan ini. Tentu mengasyikkan bukan?


Ular tangga ini melatih kemampuan anak dalam berhitung. Setidaknya mereka mengenal angka dari 1 sampai 100.


Belajar beerhitung dengan papa ular tangga memper mudah anak memahami dasar berhitung, dari mulai tambahan, kurangan, Kalian dan bagian. tidak sulit mengajak anak menghitung dengan kotak-kotak langkah ular tangga ini. Bahkan mereka merasa keasyikan berhitung dengan mainan ini.

Menambah
Dalam belajar tambahan kita cuma meminta anak untuk menghitung maju  pionnya yang dia pegang. Ambil contoh 12 + 20. Pertama minta anak meletakkan pionnya di petak 12, kemudian mintalah anak melangkahkan pionnya maju keangka depannya sebanyak 20 langkah dan pastinya pion yang dipegang anak kita berada di petak bernomor 32. Nah, setelah itu mintalah anak menyebutkan penambahannya dan hasilnya, " 12 + 20 = 32".


Kurangan
Untuk kurangan, kita menghitung kebalikan dari penambahan. Yakni menghitung mundur keangka yang lebih kecil. Sekarang kita coba dengan pengurangan, 20-15. Mintalah anak meletakkan pionnya berada dipetak bernomor 20. Kemudian mintalah dia menghitung sebanyak 15 sambil melangkahkan pionnya keangka yang lebih kecil, hitungan pertama di petak nomor 20 ke nomer 19 dan seterusnya. Sisa petak yang tidak dilangkahi adalah jawaban dari pengurangan. Ketika pion berhenti di nomer 6, maka mintalah anak untuk menghitung sisanya. Tanyakan padanya , "Berapa kotak yang tersisa?" 


Bagai mana Ayah Bunda.....

PPC Iklan Blogger Indonesia
Informasi lainnya:

Tebak Kartu
Berhitung dengan Ular Tangga
Mengali dengan Ular Tangga

PPC Iklan Blogger Indonesia PPC Iklan Blogger Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar